Print

Menulis Teks dan Angka dalam Cell

Written by pak_w. Posted in Excel 2007

Untuk menuliskan teks dan angka dalam sebuah cell dapat kita lakukan dengan mudah, cukup dengan seleksi cell yang ingin diisikan teks/rumus dan ketikkan isinya.

Excel mengijinkan beberapa jenis pemasukan data antara lain :

        Labels : Teks berisi keterangan seperti nama, alamat dan keterangan lain. Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan klik cell yang akan diisi data, kemudian ketikkan teks yang akan ditampilkan
        Numbers : Teks berupa angka seperti 30, -198, 345,5 dan sebagainya. Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan klik cell yang akan diisi data, kemudian ketikkan angka akan ditampilkan. Penulisan karaktek koma(dalam format Indonesia)
        atau titik(dalam format Inggris) mendefinisikan angka decimal/pecahan.
        Tanggal dan waktu : Excel mengijinkan penulisan tanggal dan waktu sesuai dengan format yang dikenali.
        Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan menuliskan teks sesuai dengan format tanggal dan waktu.

Contoh :
Tanggal : 27/10/2008 atau 27-10-2008, dan sebagainya
Waktu :  13:30:00

    Formula : Ekspresi untuk menghitung hasil numeric/teks berdasarkan rumus tertentu. Untuk menuliskan rumus/formula dalam excel dapat dilakukan dengan mengawali isi cell dengan karakter sama dengan (=) kemudian diikuti rumus yang diinginkan.
    Contoh : =A3+D9 ? menjumlahkan cell A3 dan D9.

Cara Mengubah Isi Cell Microsoft Excel 2007
Untuk mengubah isi data dari cell dapat dilakukan dengan 3 cara.
Cara 1:

    Klik cell yang ingin diubah
    Aktifkan formula bar dengan cara klik diarea formula bar.

Cara 2:

    Klik dua kali cell yang ingin diubah
    Kemudian ganti isinya dengan yang baru

Cara 3:

    Klik cell yang ingin diubah
    Tekan tombol F2 pada keyboard.
    Kemudian ganti isinya dengan yang baru

Cara Menghapus Isi Cell
Untuk menghapus keseluruhan isi dari cell anda dapat lakukan dengan mengaktifkan cell tujuan kemudian tekan Delete. Sedangkan untuk menghapus data dalam sebuah range, dapat dilakukan dengan memblok cell yang akan dihapus, kemudian tekan Delete.

Pengolahan Database dengan Excel
Selain dapat digunakan untuk menghitung angka dan statistik, Excel juga dapat digunakan untuk pengolahan sederhana. Dalam bahasan kali ini kita akan praktekkan cara memanfaatkan Excel untuk pengolahan data.

Rumus-Rumus Excel
Salah satu kelebihan dari Excel 2007 sebagai program aplikasi pengolah angka adalah kemampuannya untuk melakukan proses penghitungan dengan cepat dan mudah. Untuk melakukan penghitungan, kita bisa menggunakan rumus dan fungsi. Rumus pada Excel mengikuti kaidah kaidah umum, namun penulisannya disesuaikan dengan keyboard. Misalnya kita ingin mengetikkan rumus “ 3×112 “ , maka kita menuliskannya pada Excel dalam bentuk “ 3*11^2 ”. Yang perlu diingat, penulisan rumus pada Excel harus diawali dengan tanda = . Sehingga contoh penulisannya “ =3*11^2 “.